Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • PLTU TANJUNG JATI B
blog-img-10

Posted by : Admin

Pelaksanaan kegiatan penurunan struktur ALPHART di Pulau Panjang, Kab. Jepara

Dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan dan sesuai dengan kebijakan lingkungan untuk   turut

serta dalam pelestarian keanekaragaman hayati, maka PLN TJB merasa perlu melakukan upaya perbaikan ekosistem di kawasan perairan Pulau Panjang untuk meningkatkan habitat hewan laut terutama ikan setelah sebelumnya sukses dengan program transplantasi terumbu karang dengan APR (Artificial Patch Reef) dan lamun yang sudah lebih dahulu dilakukan sejak tahun 2014.

Sebelum pelaksanaan pemasangan ALPHART telah dilakukan survei pada 5 November 2019. Lokasi yang sesuai untuk penempatan ALPHART adalah di dekat bagan dan dermaga baru Pulau Panjang, dinamika perairan dan kejernihan air laut. Lokasi artificial artificial fish apartment terletak pada posisi koordinat 6° 34’ 33,77” LS dan 110° 37’ 54.76” BT. Survei pemilihan lokasi dilakukan dengan mengggunakan peralatan selam SCUBA di perairan dangkal dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Kegiatan penurunan balok beton ALPHART ikan dilakukan pada akhir tahun 2019 yaitu sekitar 100 buah yang tersebar di dua lokasi. Lokasi pertama (Stasiun 1) berada di sekitar APR dan lokasi kedua (Stasiun 2) berada di sekitar dermaga baru di Pulau Panjang dengan ALPHART di masing-masing stasiun adalah 30 dan 70